mencoba hal baru: linux

Screenshot from 2017-11-17 05-14-56.png

(Post kali ini bakal agak random dan mungkin agak tidak penting, hehe …)

Beberapa hari lalu, laptop saya rusak, kemungkinan besar karena virus. Yang terserang hard disknya, windowsnya nggak bisa dibuka. Tapi untung fisiknya nggak rusak, padahal saya sudah gupuh 🙂

Akhirnya dengan membaca tutorial dari bermacam sumber, saya instal mini-windows xp ke flashdisk, sebagai OS sementara untuk memindahkan file-file di hard disk laptop saya ke tempat lain yang lebih aman, sebelum hard disk tersebut saya format, dan saya beri OS yang baru.

Singkat cerita, semua file sudah terpindahkan ke Hard Disk PC di rumah. Kemudian terlintas sesuatu di benak: gimana kalau instal linux aja, daripada windows mulu.

Sebuah ‘tragedi’ atau hal-hal semacam ini (hard disk kena virus) justru membukakan opsi pilihan baru, sesuatu yang belum pernah saya coba sebelumnya dan mungkin bisa membuat saya berkembang. Akhirnya dengan ke nekat-an, saya menginstal linux. (setelah baca-baca beberapa artikel)

Awalnya mau instal Ubuntu (jadi linux ini banyak jenis distro nya, salah satu nya Ubuntu), tapi karena spec nya agak tinggi, saya cari distro lain yang hampir sama kayak Ubuntu tapi agak enteng. Dan nemu, namanya: Lubuntu 🙂 (wkwkwkwkwk)

Ternyata susah banget. Hari pertama setelah instal karena nggak ada koneksi internet, saya nggak bisa ngapa-ngapain (nggak ngerti cuy :”’)

Akhirnya tadi malam (mulai jam 1, sekarang sudah setengah 6) saya utak-atik, nyoba-nyoba install aplikasi yang dibutuhkan. Lumayan paham sih, tapi belum sepenuhnya, terutama terminalnya linux ini, yang katanya kompleks tapi fiturnya tak terbatas.

Perjalanan menggunakan linux (lubuntu) bakal jauh banget. Tapi kayaknya bakal seru xD

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s