Hidup bekerja dengan cara yang tidak kuketahui.

Ketika pemahamanku bertambah, sejenak aku merasa aku bisa memahami semuanya.

Tapi ketika aku sadar bahwa masih banyak yang tidak kuketahui, rasanya mustahil untuk paham semuanya.

Tapi itu tidak berarti harapan lenyap.
Harapan itu selalu ada.
Karena hidup adalah tentang berharap.

Kemarin sangat … aneh.

Asing.

Perasaanku juga, campur aduk. Pikiranku juga. Kejadian-kejadian yang terjadi satu demi satu, sifat dan pandanganku yang berubah seiring waktu, pemahaman dan pertanyaan dan keraguan yang bercampur, emosi naik turun yang berakhir ganjil, semuanya terjadi. Entah baik atau buruk,

aku hanya mensyukurinya.

Aku bersyukur.
Aku bersyukur meski kabut dalam masa depanku begitu pekat.
Aku bersyukur meski air mata akan terus mengalir nantinya.
Aku bersyukur meski harus sakit,
meski merasa tidak berdaya dengan banyak hal yang tak bisa kuubah,
meski pemahamanku tidak mampu menggenggam erat semuanya,
meski harus melepaskan yang sangat ingin kugenggam,
semuanya tidak apa-apa.

Karena hidup ini indah.
Dengan caranya sendiri.

Meski ku tak mengerti arti keindahan itu sendiri, tapi aku mau percaya bahwa keindahan itu ada.

Aku harap.
Aku yakin.
Aku ingin.

Aku cinta.
Aku sayang.

Aku menerima.

Aku hidup.

-28 Maret 2017

Tinggalkan Balasan

