Cara Fokus Ketika Browsing

capture

Multitasking is an enemy of productivity.

Ketika membaca tulisan ini, berapa tab yang terbuka di browsermu? 1? 2? 20?
Seringkali kita membuka banyak tab ketika browsing, dan bingung baca yang mana, jadi nggak fokus, terus menutupnya satu-per-satu, tanpa benar-benar dibaca.

Kadang, meskipun sudah hendak berhenti browsing, browser nggak langsung di-close, tapi di-minimize bersama puluhan tab di dalamnya.

Saya punya solusinya. Supaya kamu bisa fokus membaca.

Pencet F11. Kalau masih belum fullscreen, pencet fn + F11. Coba.

Sekarang browsermu sudah fullscreen, dan tab selain post ini tidak terlihat. Kecuali kamu browsing dengan hp. Kalau lagi pakai hp, cobain tips ini nanti waktu pakai pc. 🙂

Oke, jangan dibalikin dulu, biarin aja fullscreen dulu, saya jelaskan kenapa ini bermanfaat.

Ada sebuah penelitian menunjukkan, bahwa multitasking bukannya menambah produktivitas dan membuatmu menyelesaikan lebih banyak tugas, multitasking malah membuatmu tidak produktif.

Misal seseorang sedang mengerjakan tugas, dan terdistraksi, kurang lebih butuh 25 menit untuk membuat orang tsb. bisa kembali fokus 100% ke tugas yang ia kerjakan. (saya lupa baca ini dari mana) (correct me if i’m wrong)

Itulah multitasking, distraksi.

Mungkin untuk beberapa orang, setelah melakukan multitasking, mereka lebih merasa menyelesaikan banyak hal. Tapi itu adalah ilusi. Memang terlihat ia menyelesaikan banyak hal. Tapi sebenarnya tugas yang ia kerjakan tidak maksimal.

Otak kita lebih maksimal jika fokus mengerjakan satu hal saja.

Nah.

Menyimpan banyak tab sekaligus itu adalah salah satu contoh multitasking. Otak kita tidak bisa fokus ke satu hal, otak tidak bekerja optimal.

Selain itu, pernah ada eksperimen di luar negeri: dalam satu hari, usahakan browsing menggunakan satu tab saja. (saya lupa lagi baca di mana)

Hasilnya?

Tidak terlalu berhasil. Bukannya fokus, malah ada pemikiran duh aku mau baca ini nanti, tapi ga boleh simpen 2 tab,’ dan sejenisnya.

Karena kalau baca artikel di internet, biasanya di artikel tersebut ada kata/kalimat yang berisi link, yang hendak kita baca nantinya (duh ribet jelasinnya 😦 ) (pokoknya biasanya kita klik open in new tab gitu)

Kayak gini deh pokoknya.

Nah, daripada cuma boleh simpen satu tab, lebih baik boleh simpen banyak tab, tapi kita fokus ke satu tab, baru tab lainnya. Caranya itu dia, F11 🙂

(untuk mengembalikan view ke semula, tekan F11 lagi)

Semoga membantu 😀

Life Pro Tip merupakan salah satu kategori post di blog ini, yang berisi tentang tips memudahkan pekerjaan atau hal-hal lainnya di kehidupan, yang pernah saya uji. Biasanya tips yang saya tulis jarang ditulis oleh orang lain, jadi stay tune terus 🙂

Iklan

4 thoughts on “Cara Fokus Ketika Browsing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s