New Way on Experiencing Movies

Capture

 

Semua orang pasti suka film.
Mungkin ada beberapa genre / aliran favorit mereka, tapi pasti ada film dengan genre universal yang bisa dinikmati semua orang.

Saya sendiri punya daftar film favorit sendiri, ya meskipun ada beberapa yang kata orang lain ‘nggak sebagus itu sih, fan’, tapi menurut saya bagus. Banyak film yang biasa aja jadi bagus banget, karena cara saya menonton. Kenapa bisa gitu?

Karena saya nggak tahu itu film apa, sebelum nonton filmnya.
Penasaran?

Jadi gini.

Saya punya cara unik untuk bisa menikmati sebuah film. Dan kuncinya adalah : Kamu harus benar-benar tidak tahu film apa itu, sebelum menontonnya. Makin tinggi ketidaktahuanmu, makin tinggi kenikmatan saat menontonnya.

Pemikiran ini sebenernya timbul dari pengalaman pribadi. Gini ceritanya.

Kalau kebetulan ke warnet, di komputer warnet deket rumah saya biasanya ada file-file film yang bisa di copy. Lumayan kan buat ditonton di rumah.

Karena banyak banget film di sana, dan nggak tahu yang mana yang bagus, saya punya trik. Saya cari judulnya yang menarik, terus saya search dengan embel-embel ‘imdb’ di belakangnya, untuk tahu ratingnya. Misal 7.7 keatas, bakal saya copy.

Atau kebalikannya, saya lihat list top 250 film imdb, pilih satu judul, terus saya cari filmnya di komputer warnet, atau saya download dari internet.

Tapi, waktu proses gugling judul film, saya nggak mau nonton trailer sama baca sinopsisnya. Yap, itu kuncinya.

Banyak film yang jadi nggak seberapa keren gara-gara trailernya, contohnya The Martian, dan Amazing Spiderman 2. (Kalau belum nonton, jangan tonton trailernya, tonton langsung saja filmnya).

Bahkan Amazing Spiderman 2 yang kata orang jelek, bagi saya bagus banget, karena saya nggak nonton trailer dan nggak baca komiknya. (kalau sudah nonton filmnya mungkin anda paham)

Kalau belum nonton Batman v Superman, dan belum nonton trailernya, tonton langsung saja filmnya, jangan trailernya. Saya yakin lebih memuaskan. Trailernya malah spoiler.

Dan juga, jangan baca sinopsis film.

Contohnya waktu itu saya nonton Seven Pound, tanpa tahu film itu film apa. Saya cuma tahu itu film bagus. Titik. Jadi saya tonton.
Dan itu bener-bener bagus. Buagus banget. Tapi kata orang, nggak seberapa.

Saya juga nonton semua film Christopher Nolan dengan cara yang sama. The Prestige (film favorit saya), Inception (film favorit kedua saya), Interstellar (film favorit ketiga saya). Sebelum saya nonton, saya sama sekali ga ada bayangan ini film bahas apa. Tapi saya yakin itu bagus, karena Christopher Nolan. Jadi saya tonton. Mungkin kalau beliau bikin film baru lagi, bakal nggak saya tonton trailernya. Langsung filmnya.

Jadi dasarnya sih, kalau tahu film itu bakal bagus, misal direkomendasiin sama temen, atau rank imdb nya tinggi, jangan cari tahu apapun tentang filmnya, langsung saja tonton. Jangan cari trailernya, jangan cari sinopsisnya, atau TV spotnya (ini lebih parah dari trailer), dll.

Ini contohnya TV spot film yang ngacau-in filmnya. Buat yang sudah nonton BvS, coba tonton ini, klip dari semua trailer  dan TV Spot yang di tata secara kronologis menurut film aslinya : klik

Iya, rasanya kayak nonton filmnya langsung.

Jadi ibaratnya, kalau kita nonton trailernya film, itu ‘meminjam kebahagiaan’ dari waktu kita nonton film aslinya.

Oh iya, khusus lagi tips buat yang suka film superhero, jangan baca komiknya. Langsung tonton filmnya saja. Karena kalau sudah baca komiknya, bakal banyak yang kespoiler dan nggak jadi kejutan lagi.

Tapi emang ada yang bilang, kalau sudah baca komiknya, malah bakal lebih keren waktu ada yang sama kayak komiknya. Kayak ke ‘recall’ gitu. Chekov’s Gun kalau kata penulis.

Iya sih beberapa, kayak waktu ada ‘Barry Allen’ di serial Arrow, pasti orang yang sudah baca komik mikir ‘wah bakal ada flash di sini.’

Buat yang belum baca komiknya, malah bakal senang ketika nggak tahu apa-apa, tiba-tiba nih Barry Allen jadi Flash. Jadi kejutannya beda sih, buat pembaca komik dan yang belum baca. Dan saya mending nggak baca komiknya.

Kayak beberapa fans Marvel juga pernah kecewa karena peran Spiderman yang nggak begitu banyak di Captain America : Civil War. Kenapa mereka kecewa? Karena mereka membandingkan sama komiknya. Di komik Spiderman memang besar perannya. Tapi untuk film, menurut saya udah cukup mengenalkan tokoh baru.

Contoh jelasnya lagi, manga dan anime. Kalau tahu judul manga yang bagus, dan tahu kalau bakal dijadikan anime, mending stop bacanya, langsung tonton animenya. Contohnya : One Punch Man. Sama Shingeki No Kyojin atau Attack on Titan.

Ya, saya #TeamNungguAnimeAOT , saya sama sekali ga baca komiknya. Saya cuma baca komiknya awal-awal doang, dan, let’s be honest, animenya jauh lebih keren dari komiknya.

Lebih berwarna, geraknya jelas, ada musiknya, emosinya JAUH lebih dapet.

Attack on Titan menurut saya animasi kartun Jepang yang paling bagus, ceritanya maupun kualitas gambarnya. Pertama kalinya saya jatuh cinta sama genre Tragedy. Universenya juga kaya banget, mantab. Dan saya rela nunggu bertahun-tahun buat nonton animenya dan nggak baca komiknya. Nonton anime AoT itu salah satu pengalaman terbaik menurut saya, hehe.

Anime One Punch Man, jangan di tanya. Udah 100000000% keren gila. Saran saya, tonton animenya saja dulu, baru baca komiknya. Komikusnya juga keren soalnya.

Jadi kesimpulannya, kalau tahu itu film bagus (entah direkomendasiin, lagi rame di sosmed, atau rank imdb nya tinggi), langsung tonton saja. Saya mau coba cara ini buat film-film baru yang bakal muncul di bioskop, nanti saya update lagi ke blog ini, untuk selengkapnya, hehe 😀

Misal nggak setuju dengan cara ini, ya nggakpapa sih, ini sangat subjektif dan cara pribadi saya saja. Misal penasaran, boleh deh dicoba 😀

(judul film-film di atas yang saya sebutkan itu rekomendasi saya, mungkin mau langsung nyobain triknya)

Tinggalkan Balasan

