Kerennya Komik Indonesia

cover_juli

 

Ada yang beda ketika saya ke toko buku, kali ini.

Satu rak khusus, yang isinya berlembar-lembar impian kecil pelukis cerita dan penulis ilustrasi tanah air. Satu rak khusus, isinya mahakarya komikus anak bangsa. Berdiri dengan percaya dirinya diantara komik-komik Jepang di sebelahnya.

Bangga sekali rasanya, akhirnya komik Indonesia bisa sejauh ini perkembangannya. Nggak kayak dulu, komik Indonesia sekarang udah gampang di carinya. Di toko buku ada, di web online seperti Line Webtoon juga ada. Mungkin saya bukan komikus sih, tapi baca komik Indonesia itu rasanya ‘beda‘ buat saya, dan banyak potensi yang bisa digali lagi dari sana.

Kalau kamu ngikutin perkembangan Komik Indonesia, sebenernya udah banyak yang menang lomba-lomba luar negeri sih, kayak Silent Manga Audition nya Jepang, yang tahun ini nominasi dari Indonesianya kalo ga salah (CMIIW) ada 20-an orang.

Mungkin ada yang bilang kualitas komik Indonesia masih kurang bagus, dibanding Manga Jepang dan Komik barat. Well, tergantung komiknya sih. Saya tantang kalian baca Pusaka Dewa nya Sweta Kartika, ini linknya : klik

 

11025944_1425302924429335_6277959298214939228_n
Selain Pusaka Dewa, masih buanyak banget komik yang nggak kalah keren. Beberapa hari lalu saya tulis lengkap komik-komik yang saya rekomendasiin, buat kamu yang pingin tahu lagi Komik Indonesia.

Semuanya sudah saya tulis di thread ini : klik. (baca ya, jangan lupa share) :4

Semoga komik tanah air makin maju lagi 😀

8 thoughts on “Kerennya Komik Indonesia

  1. g ngikutin komik indonesia sih, jadi g begitu tau perkembangannya. tapi kalau sekarang udah semakin dikenal bagus lah, berarti udah ada perkembangan pesat dengan karya anak bangsa

  2. Gue setuju! Komik di Indonesia sudah mengalami banyak perubahan positif, gak kayak yang dulu. Keren untuk para komikus Indonesia!

    …blogger Indonesia juga ga kalah keren kok. :v

    – dari yang punya michaeldavidj.blogspot.com 😀

  3. ihiy, seneng banget udah ada yang mulai aware tentang komik indonesia, aku sudah lama ngikutin mas sweta kartika dan alex irzaqi, semoga next aku juga bisa mengisi dunia perkomikan indonesia :))

Tinggalkan Balasan

