(Contoh Posting di Blog) 3 Alasan untuk Tidak Meletakkan HP di Dekat Anda Saat Tidur

sumber gambar : health.com (Getty Images)

Apa anda pernah melakukannya? Seperti tertidur saat web-surfing di malam hari, atau malah sengaja tidur bersama HP anda, agar tidak melewatkan SMS / panggilan telepon saat malam hari? Sebenarnya, anda tidak sendirian. Seperti yang ditulis oleh Pew Internet Project, 44% dari pengguna HP melakukannya.

Tapi tahukah anda, jika meletakkan HP di dekat bantal anda saat tidur dapat membahayakan kesehatan dan diri anda sendiri? Ok, berikut alasannya :

  • 1. Anda bisa membakar bantal anda

Ini serius, dan sudah terjadi. Seorang remaja perempuan di Texas mengaku bahwa ia sering mencium bau ‘terbakar’ di dekatnya. Setelah di usut, hal ini disebabkan karena ia meletakkan HP (hand phone)-nya (yang kebetulan Samsung Galaxy S4) di bawah bantal.

Ini disebabkan karena ia menggunakan baterai non-Samsung di HPnya. Padahal, Samsung sendiri tidak memperbolehkannya (tertulis di buku manual). Untuk menghindarinya, usahakan selalu menggunakan baterai asli dari pabrik merk HP yang anda gunakan.

Sumber berita : klik di sini

  • 2. Kurang tidur, Insomnia, Meningkatkan tingkat stres

Mungkin anda pernah merasakannya sendiri, ketika ber-sms atau chatting di malam hari, anda bakal cenderung tidak bisa tidur, alias insomnia.

Selain itu, sudah diteliti bahwa TV, Tablet, dan gadget lainnya yang menggunakan layar LED, mengeluarkan sebuah radiasi (yang dikenal sebagai ‘blue light’, yang dapat menghambat produksi hormon melatonin, dan menyebabkan penggangguan irama sirkadian kita (berhubungan dengan daur kualitas tidur).

Informasi mengenai hormon melatonin bisa diakses di sini, dan mengenai irama sirkadian bisa diakses di sini.

  • 3. Merusak mata atau telinga anda

Memainkan HP sebelum tidur dapat merusak mata anda, entah itu bermain game, chatting, sms, atau kegiatan lainnya. Kenapa? Karena pasti anda memainkannya dengan posisi hendak tidur, dan membaca dengan posisi tidur jelas dapat merusak mata anda.

Selain itu, biasanya saat tidur keadaan kamar cenderung gelap tanpa cahaya. Jadi ketika memainkannya, anda membaca teks di hp anda dengan intensitas cahaya yang kurang, yang berkemungkinan merusak mata anda. Tidur dalam kamar gelap tanpa cahaya juga membuat produksi hormon melatonin anda meningkat, yang baik untuk kesehatan.

Sedangkan bila anda terbiasa mendengarkan musik dari earphone, itu dapat menyebabkan gangguan pada telinga, hingga titanus.

 

Jadi, banyak sekali dampak negatif dari meletakkan hp di dekat anda saat tidur. Tetapi, dampak tersebut bisa dihindari dengan mudah, yaitu menjauhkan hp anda saat hendak tidur. 🙂

 

(sumber : health.com, dan penelitian)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s